11 Cara Menaikkan SERP

11 Cara Menaikkan SERP,Cara menaikkan atau meningkatkan posisi peringkat blog/website di SERP Google sudah banyak dibahas di banyak blog. Melakukan cara teknik SEO atau Search Engine Optimization Google yang baik akan membantu menaikkan/meningkatkan posisi peringkat blog/website/toko online di SERP Google. Melakukan teknik SEO Google mulai dari SEO judul blog, SEO gambar, SEO meta tag dan teknik SEO Google yang lain merupakan langkah dasar untuk mendapatkan peringkat yang bagus di SERP Google.

1. Memilih Domain Sesuai Dengan Target Keyword.

Cara ini sebenarnya sederhana dimana domain yang kita pilih memiliki hubungan langsung dengan keyword yang diincar. Contoh : jika saya ingin membuat blog dengan kategori pengembangan diri untuk menjadi lebih baik (to be better self) maka optimasi seonya akan lebih mudah jika domain blog saya juga mengandung unsure kata ‘be better self’ seperti bebetterself.com atau betterself.com berikut extensi lainnya seperti bebetterself.info, bebetterself.org, bebetterself.net, dan sebagainya.

2. Memilih CMS website yang sesuai.

Bagi anda yang saat ini bermaksud membangun web site, tentunya akan dihadapkan pada sebuah pertanyaan software apa yang seharusnya kita pilih sebagai CMS untuk website yang akan dibangun. Untuk memilih produk atau software CMS yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan adalah tidak mudah. Kita perlu mengidentifikasi apa yang sebenarnya dibutuhkan sehingga produk CMS yang dipilih tidak kurang atau melebihi standar yang dibutuhkan. Sejauh ini ada tiga CMS yang populer dan ramah terhadap search engine yaitu blogspot, wordpress, dan joomla. Bagi saya pribadi wordpress tetap yang terbaik karena menyediakan ribuan theme dan ratusan ribu plugin yang mengakomodasi semua keperluan kita.

3. Memilih Template Blog yang SEO Friendly.

Anggap saja kita sudah membuat blog, langkah selanjutnya adalah memilih template blog yang seo friendly. Template blog dikatakan seo friendly jika memiliki tingkat kecepatan yang tinggi dalam loading blog. Akan lebih baik jika postingan berada disebelah kiri, karena proses loading pada blog dimulai dari bagian header, postingan, sidebar, lalu pada bagian footer. Pastikan tag H1, H2, H3, dan H4 dalam template tersusun dengan rapi serta tidak memiliki kode HTML yang rusak. Jika kita menggunakan template gratis karya orang lain, jangan menghapus credit link yang biasanya berada dibagian footer. Selain tidak menghargai hasil kerja pembuat template blog tersebut, kemungkinan besar template tersebut tidak berfungsi secara optimal. Kita juga dapat mengcompress kode template seperti CSS agar lebih cepat dalam proses loading. Kecepatan loading blog merupakan salah satu penilaian Google dalam memberikan PageRank blog kita. Saya sendiri sebelumnta menggunakan template tidalforce dari elegant themes yang memiliki fungsi seo tanpa perlu plugin external. Namun sekarang saya coba untuk mendesain theme sendiri yang lebih ringan dan seo friendly.

4. Menambahkan META Tag Blog.

Sangat penting untuk selalu memasang META Tag pada template blog kita. META Tag ini penting untuk memberi informasi kepada mesin pencari mengenai data blog kita. Meta Tag adalah tag yang berfungsi untuk memberi deskripsi atau penjelasan tentang blog kita ke search engine. Setiap search engine memiliki spider bot, misalnya Google bot, yahoo bot, MSN Bot dan lain lain. Spider bot ini bertugas untuk mencari berbagai informasi di berbagai situs, baik itu untuk mengklarifikasi atau mencari informasi baru dan memberikannya kepada search engine. Search Engine menggunakan data ini untuk menampilkan potongan pencarian ketika search engine menampilkan halaman dari blog kita.

5. Membuat SiteMap Blog.

Buatlah sitemap blog agar mesin pencari khususnya Google dapat mengindex setiap postingan terbaru blog hanya dengan mengunjungi sitemap. Proses ini akan lebih cepat dan efisien dibandingkan bila robot Google harus memeriksa setiap halaman blog. Kita bisa memanfaatkan layanan Googlewebmastertools, Bing Webmastertools dan juga Yahoo untuk pemasangan sitemap. Jika Anda masih kesulitan dalam pembuatan sitemap, coba cari informasi di situs yang menyediakan tutorial pemasangan sitemap blog, atau bisa juga menggunakan website sitemap generator tools otomatis tentu dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Saya sendiri menggunakan WordPress SEO dari YOAST dan Sitemap Generator untuk keperluan ini. Sitemap selain untuk keperluan index search engine juga bisa kita manfaatkan untuk membuat daftar isi dari website.

6. Menulis Artikel Dasar.

Sebelum menulis artikel utama, tulislah artikel dasar pada blog kita terlebih dahulu. Artikel dasar ini sering juga disebut dengan data website/blog. Contoh artikel ini seperti about blog atau about Us, privacy policy, terms of use, disclaimer, welcome to this blog, keyword to this site, dan deskripsi lainnya tentang blog kita.

7. Gunakan Teknik Internal Link dan membuat sitelink blog.

Optimasi untuk internal link ini cukup mudah. Usahakan agar inbound link (link yang menuju blog kita) lebih besar daripada outbound link (link dari blog kita menuju url lain), serta gunakan perbandingan link internal 3:1. Dimana setiap 3 artikel berisi 1 link dengan Anchor Text yang menjadi kata kunci menuju homepage. Setelah itu segera pasang sitelink blog di googlewebmastertools. Submit semua artikel dasar pada menu sitelink. Fungsi sitelink ini adalah untuk memudahkan pengunjung menemukan halaman yang penting/utama atau yang paling sering dikunjungi oleh visitor blog.

8. Mulai Menulis Artikel dan perhatikan SEO.

Tulislah artikel utama secara teratur dan selalu rajin diupdate. Usahakan memilih 1 topik dengan nilai sedetail mungkin. Contoh blog Anda bertema olahraga, karena jenis olahraga itu ada bermacam-macam maka fokuskan konten lebih spesifik lagi, seperti sepakbola, tenis meja, lomba berenang, tinju, dll. Sambil terus menulis artikel utama, perdalam ilmu seo. Untuk melindungi artikel dari tindakan copy-paste, kita dapat memasang script yang berfungsi mendisable fungsi klik kanan mouse. Namun saya pribadi kurang nyaman dengan cara ini karena menyulitkan pembaca untuk mengutip tulisan kita.

9. Tingkatkan Jumlah Visitor kita.

Memang tidak mudah untuk meningkatkan traffc pengunjung, semuanya butuh keuletan dan kesabaran. Banyak cara atau tips yang bisa dilakukan, diantaranya dengan mendaftarkan blog ke search engine google, yahoo, bing, dan sebagainya selain itu juga submit website ke open directory seperti digg, delicious, technorati, demoz, dan lain lain. manfaatkan juga jejaring sosial seperti facebook, twitter, linkedin, pinterest, dan youtube.

10. Pasang Widget Penting Blog.

Jangan lupa memasang widget penting untuk blog seperti Alexa Rank dan badge PageRank.info. jika situs blog kita masih baru, kemungkinan kode untuk menampilkan badge PageRank belum tersedia karena blog masih dalam status NA (Not available), silahkan menunggu sekitar 3-7 hari. Dan bila Anda memasang widget Alexa Rank, jangan kaget dan malu bila ternyata blog Anda masih berada pada peringkat belasan juta, karena hal tersebut adalah wajar untuk blog yang baru ‘lahir’.

11. Cari Backlink Sebanyak-banyaknya dan submit ping.

Salah satu faktor yang mempengaruhi PageRank blog adalah jumlah backlink, semakin banyak backlink yang mengarah ke blog kita, maka Google akan ‘melirik’ blog Anda sebagai salah 1 situs penting dan berkualitas. Berusahalah untuk mendapatkan backlink dari blog yang berpagerank lebih tinggi dari blog Anda, karena itu dapat menaikkan PR blog Anda dengan cepat. Backlink dapat diperoleh dari kegiatan link exchange/blogroll dan berkomentar di blog lain sering juga disebut dengan BW (Blog Walking). Hal yang tidak kalah penting dalam optimasi seo adalah memanfaatkan jasa website layanan ping seperti googleping.com, pingler, pingoat, totalping, fastping, bulkping dan lain lain.

12. Pasang sosial share buttom.

Pasang sosial sharing di blog kita sehingga pengunjung bisa menshare link kita ke sosial media yang dimilikinya. Hal yang penting lainnya adalah gunakan plugin atau metode yang tidak memberatkan loading time website anda karena kebanyakan plugin media sosia menggunakan javascript dan css tambahan yang biasanya memberatkan loading time website kita. Pada blog saya sendiri saya menyediakan fitur sosial share ke facebook, twitter, google+, linkedin, digg, stumbleupon, dan viadeo.

Category: Umum

Loading...

Tinggalkan Balasan