Wajib Dilakukan Setelah Menginstall WordPress

Wajib Dilakukan Setelah Menginstall WordPress Setting Profile Anda Walaupun didunia maya, Anda tetap harus memperkenalkan siapa diri Anda.  apalagi jika website yang Anda buat ini adalah website perusahaan.Untuk mengisi profile Anda, klik menu User > Your Profile dan Anda pun akan dibawa ke halaman profile. Pada halaman profile Anda bisa mengisi identitas diri Anda seperti nama, nama panggilan, email, sampai dengan biografi singkat. Pada halaman ini Anda juga bisa mengubah password dan mengubah warna tampilan Dashboard menu Anda.

  • Visual editor, berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktfikan alat bantu untuk menulis artikel atau post di WordPress. Jika Anda tidak mengerti HTML maka biarkan pilihan ini dalam keadaan tidak tercentang.
  • Admin color schema, pilih skema warna Dashboard Anda.
  • Keyboard shortcuts, untuk mengakttifkan atau menonaktifkan shortcut keyboards.
  • Toolbar, tandai Show toolbar when viewing site untuk tetap mengaktifkan admin toolbar saat melihat website Anda dari frontend.
  • First name, last name, nickname, isikan nama depan, nama belakang dan nama panggilan Anda.
  • Display publicity as, pilih nama Anda yang akan tampil secara publik.
  • Contact info, isikan data-data contact Anda pada kolom yang telah disediakan.
  • Biographical info, isikan biografi singkat Anda pada kolom ini.
  • New password, jika Anda ingin mengubah password admin WordPress Anda, maka tuliskan password baru Anda disini.

Wajib Dilakukan Setelah Menginstall WordPress, Selalu up date instalasi WordPress Anda ke versi yang terbaru, hal ini penting Anda lakukan untuk menutup celah keamanan dan bugs (kesalahan programing) yang akan membahayakan kinerja website Anda. Ikuti langkah berikut untuk melakukan proses update WordPress ke versi terbaru.

  1. Masuk ke Dashboard WordPress Anda.
  2. Klik menu Dashboard > Updates
  3. Anda akan dibawa ke halaman berikutnya, klik tombol Check Again dan tunggu proses pengecekan ketersediaan update baru.
  4. Jika sudah klik tombol Update Now, dan tunggu proses update WordPress Anda hingga selesai.
  5. Saat proses update telah selesai Anda akan di bawa ke halaman Welcome to WordPress. halaman ini menjelaskan tentang fitur-fitur baru apa saja yang terdapat pada versi terbaru dari WordPress ini.

Setting General Options Hal penting selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan setting general options yang meliputi pemberian nama blog/website, dekripsi website, pengaturan waktu dlsb.Untuk melakukan pengaturan umum (general setting) dari website WordPress Anda klik menu Settings > General. Anda akan dibawa ke halaman general settings, hal-hal yang bisa Anda atur disini adalah :

  • Site title , isikan judul atau nama website Anda disini. Jika website Anda adalah website perusahaan maka Anda bisa menuliskan nama perusahaan Anda pada site title ini.
  • Tagline, isikan slogan dari website atau perusahaan Anda. bisa apa saja tapi usahakan jangan terlalu panjang. Misalnya “berbagi untuk pintar”, atau “kripik nomor 5 se indonesia” dlsb. terserah Anda.
  • Email address, isikan alamat email Anda yang valid disini. Segala pemberitahuan yang terjadi pada website Anda seperti komentar yang masuk, website error, user baru dlsb akan diberitahukan via email Anda secara otomatis. Canggih kan..?
  • Membership, jika Anda mengizinkan pengunjung website Anda untuk melakukan pendaftaran maka tandai pilihan Anyone can register.
  • New user default role, isikan hak akses default pengunjung yang mendaftar di website Anda. tapi hati-hati jangan salah memilih. Hak akses Administrator artinya user dapat melakukan semua perubahan dan memiliki hak akses penuh pada website Anda, Editor berarti si user mampu menulis, mengedit dan menerbitkan artikel atau post pada website Anda, Author artinya user dapat menulis dan menerbitkan artikel pada website Anda, Cotributor artinya si user hanya dapat menulis artikel tapi tidak dapat menerbitkan artikelnya pada website Anda, dan terakhir yang paling aman adalah Subcriber, subcriber tidak memiliki hak akses apa-apa pada website Anda melainkan hanya sebagai anggota yang akan mendapatkan update posting atau artikel terbaru dari website Anda lewat emailnya.
  • Time zone, pilih zona waktu yang Anda inginkan, untuk indonesia bagian barat (WIB) zona waktunya adalah UTC + 7. Untuk WITA adalah UTC + 8 dan untuk WIT adalah UTC + 9.
  • Date format, pilih format penulisan tanggal yang Anda sukai.
  • Time format, pilih format penulisan waktu yang Anda sukai.
  • Week starts on, pilih hari pertama dalam minggu.

Setelah Anda melakukan berbagai macam settingan yang sesuai dengan selera Anda, jangan lupa untuk mengklik tombol Save Change.

Tags:

Category: Umum

Loading...

Tinggalkan Balasan