Pengertian dan Dasar Search Engine Optimazion

Pengertian dan Dasar Search Engine Optimazion

Pengertian dan Dasar Search Engine Optimazion Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara  logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih  besar untuk mendapatkan  pengunjung.

Pengertian dan Dasar Search Engine Optimazion

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak  untuk  menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki  basis usaha di internet.

Mesin pencari adalah program  komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum  di  web  (WWW)  atau  dalam  komputer  sendiri.

Pengertian dan Dasar Search Engine Optimazion

Mesin pencari memungkinkan kita untuk  meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa  yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah  dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.

Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau  direktori  terbuka seperti DMOZ.org.  Karena  pengumpulan  datanya  dilakukan  secara otomatis, mesin pencari berbeda  dengan  direktori Web yang dikerjakan manusia.

Sebagian besar mesin  pencari  dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup – yang paling populer  adalah  Google  (MSN Search dan Yahoo! tertinggal sedikit di  belakang). Telah ada beberapa  upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber- terbuka (open-source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS. Karena masing- masing mesin pencari memiliki algoritma yang berbeda, maka metode yang di gunakan akan di utamakan untuk mesin pencari google, karena mesin pencari yang paling banyak  digunakan  saat ini adalah google.

Pengertian dan Dasar Search Engine Optimazion

Sekitar tahun 2001, mesin pencari Google berkembang lebih besar. Keberhasilan ini didasarkan pada bagian konsep dasar dari link popularity dan PageRank. Setiap halaman diurutkan berdasarkan seberapa banyak  situs yang terkait, dari sebuah premis bahwa situs  yang diinginkan pasti lebih banyak terkoneksi daripada yang lain. Rangking situs (The PageRank)dari sebuah link halaman dan jumlah link dari halaman-halaman tersebut merupakan masukan bagi  Rangking  situs  yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan  bagi Google  untuk  mengurutkan  hasilnya berdasarkan seberapa banyak halaman situs yang menuju ke halaman yang ditemukannya. User interface Google sangat disukai oleh pengguna, dan hal ini berkembang ke para  pesaingnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on telegram
Share on vk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WeCreativez WhatsApp Support
Terkait Produk layanan
👋 Hai, ada yang bisa saya bantu?

Nullam quis risus eget urna mollis ornare vel eu leo. Aenean lacinia bibendum nulla sed 

Sign up for web hosting today!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.